Selasa, 08 Mei 2012

KOTA YANG ANEH

Udah dua bulan saya berada di sebuah kota karena ada job ngeband. Dalam sebulan pertama kota ini tampak seperti kota-kota lainnya alias normal-normal aja. Tapi emang sih, akses menuju kota ini bisa dibilang parah. Medannya berat dan jalannya juga banyak bolong-bolong plus bergelombang.

Pas udah nyampe emang keliatan normal, apalagi kebetulan kami dapat fasilitas yang lumayan selama tinggal disini. Sebulan pertama juga masih kerasa normal, karna saya juga belum sempet keliling-keliling jauh.



Mulailah saya berinteraksi dengan beberapa orang yang -setidaknya- udah lama tinggal disini dan memang sering bertemu ditempat kerja. Ya bisa dibilang korek-korek informasi tentang kota ini. Iseng sih, daripada korek-korek pantat kan mending korekin informasi.

Banyak yang bilang kota ini kaya akan sumber bumi, banyak sekali tambang dan perusahaan penambangan yang ada disini.Bahkan salah satunya bisa dibilang yang terbesar berskala nasional yang dimiliki korporat besar negara ini. Umur ekonomisnya pun gak sebentar, diatas 30 tahunan lah.. Nah kebayang kan, berapa income yang diterima oleh pemerintah daerah setempat.

Terus dimana dong letak keanehannya?? Biar gak puyeng bacanya, saya buat per poin aja, seperti ini:


  1. Infrastruktur jalannya kurang baik. Bayangin aja, wilayah kotanya aja banyak yang bolong-bolong dan bergelombang. Kawasan dengan kualitas jalanan yang ciamik cuma bisa dijumpai di beberapa tempat. kayak kawasan pemerintahan (Perkantoran terpadu), komplek perumahan tambang terbesar.. 
  2. Fasilitas listriknya bener-bener payah. Sebagian masyarakatnya pake genset ato mesin diesel buat konsumsi listrik. Masih banyak tempat yang bener-bener gelap disini. Padahal mesjidnya terang benderang luar biasa kalo malem.
  3. Sebelum keliling-keliling, saya pikir air bersih disini melimpah. Karena curah hujan yang bisa dibilang okelah. Tapi setelah saya sempat cerita-cerita ternyata gak gampang dapet air bersihnya. PDAM gak bisa di andalin, penduduk harus nambahin kaporit biar dapet air bersih dan bening. Saya baru bener-bener tahu ketika berkunjung ke tempat karaoke setempat, pas ke toilet airnya keruh banget yaaaaa... kasihan si joni harus diguyur air keruh..
Gimana? udah bisa ngebayangin kan keanehan dari kota ini?? Dari tingkat pendapatannya yang tinggi, ternyata kesejahteraan masyakatnya belum maksimal.Dibalik kemewahan yang membalutinya ternyata kota ini belum bisa menyamankan masyarakatnya. Emang kemana perginya uang atas kekayaan alamnya? Jawab aja sendiri, hehe......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar