Minggu, 17 November 2013

SHOCKING DAY

Sabtu 16 November kemaren merupakan “surprising day” buat saya. Hari itu sebuah “Shocking Moment” menyapa saya. Ya dua orang teman dari Plat-M (Blogger Madura) untuk kesekian kalinya mengunjungi Sumenep dengan misi yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Sedikit flashback, awal perkenalan kami dimulai dari Twitter dan Facebook. Sampai akhirnya mereka waktu itu berempat berniat KOPDAR dengan beberapa teman di Sumenep, termasuk saya. First trip kami mengunjungi Gili Iyang, sebuah pulau kecil yang kesohor dengan kadar oksigen tingginya. Disitulah kami mulai lebih mendalami masing-masing. Saling bercerita dan berbagi pengalaman pun terjadi. Saya pun kemudian tertarik untuk mencari tahu tentang apa dan bagaimana Plat-M itu sebenarnya.
Tidak banyak informasi detail yang saya dapatkan mengenai komunitas blogger terbesar di Madura ini. Paling ya hanya gambaran-gambaran umum yang mereka sajikan di Website-nya.
Singkat cerita –kembali ke 16 November- saya dan dua orang perwakilan Plat-M yaitu Raden dan SlameTux serta beberapa teman lain di rumah Wiwit (Ketua Sumenep Tempoe Doloe) berbincang tentang acara malam itu yang akan dilaksanakan di Kedai Koffeekita. Beberapa waktu sebelumnya kami memang membahas tentang pelatihan dan pengenalan blogging di Sumenep. Dan seperti yang telah kami tentukan tanggal 16 November 2013 merupakan waktu pelaksanaan.
Siang itu setelah sedikit membahas tentang acara sederhana itu, iseng-iseng saya menanyakan tentang Pak Kalebun (Istilah sebutan untuk ketua Plat-M) Wahyu Alam. Ternyata diberitahu oleh kedua rekan tadi kalau pak Kalebun tidak bias hadir karena ada kunjungan dari teman-teman Plat-M “RT” Pamekasan. Disinilah “shocking Moment” itu akhirnya sampai. Kedua rekan tadi menyampaikan mandate dan keinginan dari Pak Kalebun Wahyu yang menginginkan dibentuknya “RT” Sumenep. Karena dari empat kabupaten, sumenep belum ada perwakilan “RT”. Sedikit penjelasan, tata organisasi di Plat-M bias dibilang cukup unik. Saya bilang begitu karena di Plat-M tidak menggunakan tata organisasi pada umumnya, lebih tepatnya beda istilah namun fungsi yang sama. Pemimpin/ketuanya dikenal dengan “Kalebun” (Lurah) yang membawahi empat cabang daerah –representasi empat kabupaten di Madura- yang disebut “RT” (Rukun Tetangga). Entah apa makna filosofis didalamnya.
Setelah mendengarkan pembicaraan keduanya saya kaget. Entah bagaimana “Pak Kalebun” Wahyu memberikan mandate kepada saya sebagai “Ketua RT” Sumenep untuk membangun “RT Sumenep”. Respon saya berikutnya adalah mencoba menyadarkan keduanya untuk melihat kembali profile saya. Menulis, saya memang ada ketertarikan. Tapi tidak seproduktif teman-teman lainnya. Padahal kalau kita lihat di website plat-M, kontennya sangat padat dan tajam. Sedang saya??? Entahlah…  namun pada akhirnya setelah proses sharing yang relative pendek saya pun menerima tanggung jawab itu.
Malam harinya, di mulailah acara “Pengenalan dan Pelatihan Blog” dengan narasumber Bung Raden dan Bung SlameTux. Pesertanya pun tidak banyak. Hanya limabelas-an orang yang hadir waktu itu. Maklum, walau sudah banyak pengguna blog di Sumenep, tapi blog masih kalah popular dengan social media lainnya seperti FB atau Twitter. Sebagai rintisan, acara ini terbilang cukup lancar. Sampai pada akhirnya tibalah “Peresmian RT Sumenep”. Campur aduk mungkin rasanya waktu itu. Senang, malu (Liat Blog sendiri) bercampur. Hahaaaa
Satu hal yang dapat saya ambil dari kejadian hari itu, pada akhirnya semuanya membawa saya menulis kembali. Semacam termotivasi, untuk kembali menulis. Lama blog ini kerin kerontang dan benar-benar menjadi “LEMBAR KOSONG”. Kini saatnya mengisinya kembali.

Dalam tulisan singkat ini, sekalian ingin mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Plat-M (Blogger Madura) atas mandate dan kepercayaan yang diberikan pada saya. Mudah-mudahan saya bisa melaksanakannya dengan baik, amanah dan barokah. Amiiiinnnnnnn……..

4 komentar:

  1. Selamaat Cheers Ting mari menulis, "800rb" gmna cranya?

    BalasHapus
  2. Mas Dedy, Saya merinding membacanya. Sampai saat ini saya masih belum percaya keinginan tiga tahun lalu membentuk RT-RT di empat kabupaten itu bisa tercapai. Kini, Plat-M sudah benar-benar menasbihkan sebagai Komunitas Blogger Madura. Adanya RT Sumenep semakin menguatkan ikatan emosial itu.

    21-22 Desember, sehari sebelum tepat Plat-M berumur empat tahun, kita akan mengadakan event 4thPlatM. Event ini tertutup, kami rancang hanya untuk anggota Plat-M saja. Tujuannya 1: mengakrabkan semua elemen Plat-M dari Bangkalan hingga Sumenep. Rencana akan diadakan di Pamekasan.

    Selamat sekali lagi, saya bangga sekali dan yakin sekaligus percaya bahwa Mas Dedy bisa menjaga amanah ini. Amin.

    BalasHapus
  3. Selamat Tretan....Plat-M dapat keluarga baru neh. RT Sumenep..yuuk #NgompolBareng :)

    BalasHapus
  4. mantaps tretan,... sip.. sumenep sudah ada RT-Nya..
    tinggal penataan organisasi yang perlu dikelola lebih dalam..

    BalasHapus